Oleh Oleh Cindera Mata Khas Malang

Oleh Oleh Cinderamata Khas Malang

Hay broo, apa kabar? Ketemu lagi nih sama saya. Kali ini saya di sini akan membahas tentang Oleh Oleh Cinderamata Khas Malang. Jadi, mohon di baca dengan seksama. Okee?

Berwisata ke Malang, Jawa Timur, terkecuali juga akan temukan beragam universitas kampus akan menjumpai beragam jenis wisata yang elok. Banyak diketemukan gedung-gedung yang di buat pada zaman Belanda, ada juga acara Malang Tempo Doeloe apabila sedikit ke arah timur maka akan sampai di daerah Batu, kota Wisata yang cuma berjarak sekitaran 15 km dari Kota Malang.

Selain memiliki banyak tempat wisata, Kota Malang juga memiliki banyak sekali oleh oleh cindera mata yang bisa untuk dibawa pulang. Berikut adalah macam-macam cinderamata khas malang.

  1. Keramik Dinoyo

            Daerah dinoyo ini merupakan tempat benkembangnya kerajinan keramik khas malang yang sudah berdiri sejak 1957. Menurut cerita dari masyarakat, pusat kerajinan ini berawal dari seseorang pengerajin yang membuat kerajinan gerabah, gerabah merupakan salah satu jenis kerajinan keramik yang dibuat dengan bahan dasar dari tanah liat. Seiring berjalannya waktu, produk kerajinan berkembang jadi bermacam-macam kerajinan keramik. Keramik dinoyo ini sudah menyebar luas ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia bahkan juga sampai ke manca negara.

            Keramik-keramik yang di produksi dari Dinoyo ini memiliki corak warna dan desain yang lebih mengedepankan keindahan alam. Keramik Dinoyo memiliki corak seperti bunga, dedaunan ataupun tumbuh-tumbuhan memiliki ciri khas tersendiri bagi kerajinan keramik dari Dinoyo. Pemerintah Kota Malang pun ikut membantu dan membangun sentra kerajinan Keramik Dinoyo. Para pengerajin keramik dinoyo membuat hiasan, seperti Hiasan Dinding, Vas Bunga, Gelas, Abak dan masih banyak lagi koleksi souvenir Keramik Dinoyo.

  1. Batik dan Tenun

            Motif batik Malang Kucecwara adalah satau satu produk andalan Batik Khas Malang. Karena sangat menyimpan kenangan yang sangat mendalam. Jika kalian datang ke kota Malang, dan kalian pengen beli pakaian yang khas dari kota malang. Ini lah salah satu solusi nya, kalian bisa beli batik malangan dengan motif Kucecwara dengan harga terjangkau dan kalian pasti puas dengan produk batik yang kalian beli, saya jamin deh.

Selain batik, malang juga mulai merintis jenis kain hasil tenunannya sendiri. Kain tenun dari malang memiliki motif yang unik unik, salah satunya motif Topeng Malangan yang menjadi salah satu motif yang paling menonjol untuk kain tenun malang. Saat ini, Malang hanya punya satu usaha kegiatan kecil dan menengan  (UKM) yang membuat kain tenun dari malang ini. UKM tersebut bertempatan di wilayah Tlogomas, Kota Malang.

  1. Topeng Malangan

            Sejarah mengatakan, Wayang Topeng Malangan adalah tradisi budaya dan religiulitas dari masyarakat Malang sejak kerajaan Kanjuruhan masih berkuasa di daerah tersebut. Oleh karena itu, Topeng Malangan bisa juga di sebut menjadi ikon dari kota Malang. Karena menjadi ikon kota Malang, Topeng Malangan ini dijadikan sebagai souverin atau oleh oleh khas yang berasal dari kota Malang.

Bukan hanya sebagai atribut tarian aja, Topeng Malangan ini kerap di gunakan sebagai hiasan diding, hiasan meja, bahkan digunakan juga sebagai gantungan kunci.

  1. Kaos Khas Malang

            Selain oleh oleh dan souvenir yang udah saya sebutin di atas, ada lagi nih yang gak kalah menarik yaitu Kaos Khas Malang. Kaos Khas Malang adalah kaos yang di produksi oleh orang-orang di malang yang memiliki desain yang unik dan kebanyakan dari kaos khas malang itu menggunakan desain kata kata. Dan kata kata yang di gunakan adalah menggunakan bahasa malangan atau bisa di sebut dengan boso walikan. Bahasa malangan atau boso walikan ini adalah bahasa khas anak anak remaja di malang, sebagaimana contohnya “Kadit” yang berarti “Tidak” dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kaos Khas Malang ini menggunakan bahan yang adem, lembut, dan sangatlah nyaman saat kalian pakai.

Ayo buruan, tunggu apa lagi nih? Yang lagi di malang cepet borong oleh oleh dan souvenir nya, dan yang gak lagi di Malang, buruan dateng ke malang dan borong semua sampai tak tersisa hehe..

Semoga Bermanfaat..